Friday 7 October 2011

Tipu daya syaitan yang paling besar

Sebagaimana yang dikatakan oleh Yahya bin Mu'adz sebagai berikut :

"Tipu daya (syaitan) yang paling besar menurutku adalah sebagai berikut : Terus menerus berbuat dosa dengan harapan mendapat ampunan tanpa disertai penyesalan. Mengaku dekat kepada Allah tanpa disertai perbuatan taat. Mengharapkan merasakan kesenangan surga dengan menyebarkan benih neraka. Menginginkan rumah orang yang taat dengan melakukan perbuatan maksiat. Mengharapkan pahala tanpa beramal. Dan berangan-angan kepada Allah disertai perbuatan melampaui batas."

Yahya bin Mu'adz ra. berpendapat, bahwa tipu daya syaitan yang paling besar itu ada enam perkara, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Selalu melakukan perbuatan dosa dengan harapan mendapat ampunan dari Allah Swt. tanpa disertai rasa penyesalan.

2. Mengaku dekat dengan Allah Swt. tanpa disertai dengan melakukan ketaatan kepada-Nya.

3. Mengharapkan kesenangan surga dengan menyebarkan benih neraka.

4. Mencari tempat orang yang taat dengan melakukan berbagai kemaksiatan, yakni ingin masuk surga tanpa berbuat sesuatu yang dapat membawanya kesana, sebaliknya malah melakukan perbuatan yang bertentangan dengan perintah Allah Swt. Dalam hal ini, ia tidak mungkin mampu mendapatkannya, karena imbalan yang diperoleh seseorang itu berdasarkan amal perbuatannya.

5. Mengharapkan imbalan sesuatu yang dapat mendatangkan kesenangan baginya (kesenangan akhirat), dengan tanpa melakukan amal shaleh.

6. Mengharapkan rahmat Allah Swt. tetapi perbuatan yang ia lakukan melampaui batas. Dan hal itu tidak akan bisa membuatnya menggapai rahmat Allah Swt.

Tipu daya syaitan yang paling besar | Jafar'S:

'via Blog this'

No comments:

Post a Comment